Kekurangan dan Kelebihan Gizi pada Anak

 

food 00Makanan bergizi berguna sebagai sumber tenaga, pengatur dan pembangun tubuh. Tubuhmu membutuhkan makanan yang bergizi karena kamu sedang dalam masa pertumbuhan.

Apa yang terjadi kalo tubuhmu kekurangan atau kelebihan gizi? Ayo kita cari tahu.

1. Kurang Energi Protein (KEP)

KEP diakibatkan karena jumlah makanan yang mengandung energi dan protein kurang dari yang dibutuhkan tubuh sehingga berat badan kurang.

Jika kamu mengalami KEP akan menyebabkan daya tahan tubuhmu menurun sehingga mudah sakit dan sulit konsentrasi belajar. Khusus perempuan, KEP yang berlangsung lama akan berpengaruh pada keterlambatan menstruasi/haid (datang bulan) pertama (menarche).

2. Anemia Gizi Besi (AGB)

Tau nggak, Anemia Gizi Besi (AGB) adalah rendahnya kadar hemoglobin dalam sel darah merah (kurang dari 12 gr /dl), terjadi kalo kamu kurang makan makanan yang mengandung zat besi (hati, daging, telur, sayuran berwarna hijau dan kacang-kacangan).

Perempuan sering kena AGB saat menstruasi. AGB itu ditandai dengan 5L yaitu lemah, letih, lesu, lelah dan lalai, seringkali diikuti rasa pusing; mata berkunang-kunang; serta terlihat pucat pada telapak tangan, kuku dan wajah.

3. Gizi Lebih

Gizi lebih, disebut juga kegemukan atau obesitas terjadi karena jumlah asupan makanan melebihi kebutuhan tubuh dan kurangnya aktifitas fisik. Jika kamu mengalami gizi lebih, tubuhmu jadi gemuk, lamban, dan cepat lelah.

Gizi lebih dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung, kencing manis (diabetes mellitus) dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Jadi, gizi lebih sama nggak bagusnya dengan gizi kurang/ KEP.

Pesan utama

  • Timbanglah berat badanmu secara teratur agar tahu kondisi tubuhmu apakah berat badanmu normal atau mengalami gizi kurang atau gizi lebih.
  • Makanlah makanan dengan gizi seimbang.
  • Hindari makan berlebihan dan lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit perhari.
  • Kalo nggak ditangani, AGB bisa bikin daya tahan tubuhmu menurun sehingga mudah sakit dan sulit konsentrasi belajar.

 

 
 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment