wb_sunny

Breaking News

Jangan Berdesakan Saat Belanja di Pasar

Jangan Berdesakan Saat Belanja di Pasar


Penambahan kasus positif COVID-19 hari ini sebanyak 1.178 orang. Dari hasil penyelidikan epidemiologi di beberapa provinsi dengan angka kasus yang tinggi seperti Jawa Timur dan DKI Jakarta rupanya ada dua faktor utama penularan masih terjadi. Yakni tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak.

"Inilah fakta yang kemudian menyebabkan kasus-kasus positif masih tinggi di beberapa tempat. Tidak menjaga jarak, tidak memakai masker menjadi faktor utama sebaran kasus ini," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto di Grha BNPB Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Mengingat betapa pentingnya menjaga jarak serta memakai masker, Yuri mengingatkan agar masyarakat disiplin melakukan kedua protokol kesehatan tersebut.

"Pada tracing yang secara agresif dilakukan, dilanjutkan dengan pemeriksaan lab secara masif, inilah yang membuktikan menjaga jarak dan memakai masker sangat penting dilakukan," katanya.

Jaga Jarak Minimal 1,5 Meter dan Pakai Masker dengan Benar

Sebelumnya, Yuri terus mengingatkan untuk menjaga jarak sekitar 1,5 meter ketika berada di tempat umum. Tak ketinggalan, pemakaian masker secara benar wajib dilakukan.

"Kemungkinan terjadi penularan 100 persen apabila orang yang sakit, membawa virus, dan tidak menggunakan masker. Sementara orang lain yang rentan pada kontak dekatnya menggunakan masker, penularan akan turun menjadi sekitar 70 persen," ungkap Yuri dalam konferensi pers kemarin.

Apabila orang yang membawa virus Corona menggunakan masker dan orang lain di sekitarnya tidak menggunakan masker, maka penularan menjadi sekitar 5 persen.

"Bila keduanya menggunakan masker, maka kemungkinan penularan COVID-19 turun menjadi 1,5 persen. Inilah yang meyakinkan kita bahwa menggunakan masker adalah cara yang paling tepat," lanjutnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar