wb_sunny

Breaking News

Presiden keluarkan Kebijakan Keuangan Negara Untuk Pulihkan Ekonomi Indonesia

Presiden keluarkan Kebijakan Keuangan Negara Untuk Pulihkan Ekonomi Indonesia


Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk penanganan Covid-19. Perpu ini diharapkan bisa menjadi program pemulihan ekonomi secara nasional pasca adanya virus corona.

Dalam rangka mendukung kebijakan keuangan negara, pemerintah ingin melakukan penyelamatan ekonomi nasional di tengah dampak virus Corona. Hal ini bertujuan untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dari sektor riil dan sektor keuangan dalam menjalankan usahanya.

"Guna melakukan penyelamatan ekonomi nasional pemerintah menjalankan program pemulihan ekonomi nasional," bunyi pasal 11 ayat 1 dalam Perppu tersebut.

Dijelaskan dalam Perppu, program pemulihan ekonomi nasional sebagaimana dimaksud dapat dilaksanakan melalui penyertaan modal negara (PMN), penempatan dana dan atau investasi pemerintah, serta kegiatan penjaminan dengan skema yang ditetapkan oleh pemerintah.

Penyertaan modal negara sebagaimana maksud di atas akan dilakukan melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditunjuk. Sementara penempatan dana dan atau investasi pemerintah dapat dilakukan langsung oleh pemerintah, atau melalui lembaga keuangan, manajer investasi atau lembaga lain yang ditunjuk.

Untuk selanjutnya mengenai skema penjaminan dapat dijalankan langsung oleh pemerintah melalui satu atau beberapa badan usaha penjaminan yang ditunjuk.

"Pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah," bunyi pasal 11 ayat 7 tersebut.

Sementara itu dalam pelaksanaan kebijakan keuangan negara dilakukan dengan langkah-langkah tetap memperhatikan tata kelola yang baik. Seperti misalnya perubahan postur atau rincian anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), dalam rangka pelaksanaan kebijakan keuangan negara dan langkah-langkah tersebut akan diatur berdasarkan Peraturan Presiden.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar