wb_sunny

Breaking News

Menteri Sosial Minta Pemda Segera Kirimkan Data Calon Penerima BLT

Menteri Sosial Minta Pemda Segera Kirimkan Data Calon Penerima BLT


Menteri Sosial Juliari Batubara meminta pemerintah daerah (pemda) kabupaten/kota untuk segera mengirimkan data calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) untuk meredam dampak virus corona. Sebab, per Jumat (8/5), pemerintah baru mengantongi data 7,8 juta dari target 9 juta kepala keluarga (KK) yang berhak menerima bantuan.

"Kami belum dapat 100 persen (data) 9 juta KK dari daerah. Yang sudah didapat (data) 7,8 juta KK sehingga masih ada daerah belum mengirimkan data jumlahnya sekitar 1,2 juta KK yang masih kami tunggu," ujar Juliari dalam konferensi pers virtual, Jumat (8/5).

Juliari mengungkapkan BLT itu diperuntukkan bagi warga yang terdampak virus corona di luar Jabodetabek. Nilanya, Rp600 ribu per bulan per KK selama tiga bulan.

Pada tahap pertama, pemerintah menargetkan bisa menyalurkan bantuan kepada 2,6 juta KK hingga 9 Mei 2020.

Hingga hari ini, penyaluran BLT melalui rekening bank pelat merah baru Rp471,2 miliar kepada 785 ribu KK atau kurang dari 9 persen dari pagu anggaran.

"Untuk melalui kantor pos, PT Pos Indonesia, (penyaluran) per hari ini jalan 1,8 juta KK," jelasnya.

Pemerintah, sambung Juliari, memberikan kelonggaran kepada pemerintah kabupaten/kota untuk memberikan data keluarga yang benar-benar terdampak corona di wilayahnya.

Dalam hal ini, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dimiliki Kementerian Sosial hanya sebagai referensi.

"Tidak harus menggunakan DTKS sebagai satu-satunya data untuk penerima bansos tunai. Kami berharap daerah, pemkab dan kota berikan data akurat sehingga bansos tunai bisa disalurkan secara tepat," ujarnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar