wb_sunny

Breaking News

Jokowi Jamin Ketersediaan Stok Bahan Pangan Menjelang Ramadhan 2020

Jokowi Jamin Ketersediaan Stok Bahan Pangan Menjelang Ramadhan 2020


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran menteri kabinet Indonesia Maju benar-benar menjamin ketersediaan stok bahan pangan jelang Ramadan yang akan dimulai pada pekan ini. Begitu pula dengan rantai distribusi stok pangan di tengah pandemi pandemi virus corona atau covid-19 di Indonesia.

"Pastikan bahwa distribusi logistik, kelancaran produksi itu betul-betul tidak ada hambatan di lapangan. " tutur Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference di Istana Merdeka, Senin (20/4).

Sebelumnya, persoalan stok pangan juga disinggung kepala negara menanggapi proyeksi risiko krisis pangan dari Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (Food and Agriculture Organization/FAO) akibat pandemi corona.

"Peringatan dari FAO agar betul-betul diperhatikan, harus digarisbawahi mengenai peringatan bahwa virus corona bisa berdampak pada krisis pangan dunia," ujarnya.

Ia menyatakan musim panen pada bulan ini akan berlangsung lancar. Hanya saja, bukan tidak mungkin musim panen pada Agustus dan September 2020 mendatang akan terganggu.

"Betul-betul dilihat secara detail, sehingga tidak mengganggu produksi rantai pasok maupun distribusi dari bahan-bahan pangan yang ada," jelas Jokowi.

Sementara pada hari ini, pemerintah sudah mulai membagikan bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako kepada keluarga penerima manafaat di DKI Jakarta yang terdampak pandemi corona. Penyaluran sembako dilakukan secara simbolik di depan Istana Negara oleh Menteri Sosial Juliari Batubara mewakili Jokowi.

"Secara simbolis, mewakili Bapak Presiden, hari ini kami distribusi paket sembako ke wilayah di DKI Jakarta," kata Juliari.

Ia mengatakan bansos paket sembako akan diberikan mulai hari ini hingga tiga bulan ke depan. Paket sembako juga akan diberikan untuk keluarga penerima manfaat di kawasan Bogor, Depok, Tangerang, hingga Bekasi.

Secara total, pemberian paket sembako senilai Rp600 ribu per penerima selama tiga bulan akan diberikan ke 1,2 juta keluarga di DKI Jakarta. Lalu, turut diberikan ke sekitar 576 ribu keluarga di Bodetabek.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar