wb_sunny

Breaking News

Waspada !!! COVID-19 dapat menular melalui air liur

Waspada !!! COVID-19 dapat menular melalui air liur

COVID-19 dapat menular melalui air liur


Pemerintah mengatakan pencegahan dan pengendalian COVID-19 sangat dipengaruhi oleh peran serta masyarakat. Salah satu pencegahannya ialah dengan menerapkan jaga jarak fisik (physical distancing).

Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan physical distancing harus dilakukan di dalam dan luar rumah. Dia mengingatkan pembatasan kontak fisik perlu dilakukan untuk mencegah penularan lewat percikan ludah.

"Pertama, harus dilaksanakan pembatasan kontak fisik dalam komunikasi sehari-hari. Bukan hanya di luar, tapi di dalam rumah juga harus kita lakukan. Mengapa penting, karena penyakit ini menular. Menular dari orang yang sakit ke yang sehat melalui percikan ludah yang kecil-kecil yang disebut droplet," kata Yuri dalam konferensi pers di kantor BNPB seperti disiarkan lewat YouTube, Rabu (25/3/2020).

Dia mengatakan percikan ludah dari orang sakit bisa dengan mudah menular ke orang yang sehat saat batuk, berbicara, ataupun bersin. Dia mengingatkan masyarakat tetap waspada karena di beberapa kasus ditemukan pasien positif Corona tapi tidak menampakkan gejala.

"Pada saat yang sakit batuk, saat bersin, maupun berbicara, percikan langsung yang mengenai orang sehat inilah yang berpotensi menimbulkan penyakit. Ini jadi sangat penting, karena kondisi saat ini gambaran orang sakit tidak selalu didominasi sakit berat, tampak kelihatan sakit," ucap dia.

"Tapi banyak kasus positif justru pada orang yang terlihat sakit ringan, tidak terlihat sakit berat. Bahkan di beberapa data yang kita miliki, tampak tak bergejala sama sekali," bebernya.

Yuri juga mengingatkan kebiasaan hidup bersih. Sebab, percikan ludah bisa saja hinggap di benda yang kemudian tanpa disadari terpegang tangan dan masuk ke saluran pernapasan.

Yuri mengatakan jarak aman saat ini untuk physical distancing sekitar 1,5 meter.

"Inilah harusnya kita jaga jarak, baik di dalam maupun luar rumah, setidaknya 1,5 meter. Ini jadi kunci," ujar dia.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar