wb_sunny

Breaking News

Perbanyak Ibadah dan Berdoa Agar Pandemi Ini Segera Teratasi

Perbanyak Ibadah dan Berdoa Agar Pandemi Ini Segera Teratasi



Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Nasaruddin Umar menghimbau kepada seluruh umat Islam, terutama yang berada di dalam wilayah yang sangat banyak permasalahan virus corona, Covid-19, tidak melakukan pertemuan dan salat Jumat berjamaah.

Hal ini berdasarkan adanya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyebutkan, masyarakat tidak melakukan pertemuan salat berjamaah, termasuk di dalamnya adalah salat Jumat, termasuk juga salat berjamaah Subuh, Zuhur, Asar, Magrib dan Isya.

"Kalau misalnya mau melakukan salat berjamaah karena mungkin di daerahnya dianggap masih aman maka kita perlu memperhatikan imbauan jaga jarak antara satu orang dengan orang lain itu sekitar dua meter," katanya.

Begitu juga ia terapkan di Masjid Istiqlal Jakarta, dengan tidak menggelar salat Jumat selama dua pekan untuk tujuan menghindari diri dari virus corona Covid-19. Karena, berdasarkan penjelasan para medis bahwa satu kali bersin maka dalam waktu dua menit akan terjangkit dalam radius yang cukup luas. "Nah kita sangat dianjurkan mencegah kemudharatan itu lebih penting daripada mengejar manfaat," katanya.

Nasaruddin menjelaskan, ketika zaman dahulu terjadi banjir dan hujan deras maka Nabi Muhammad SAW meminta umatnya untuk salat di rumah tidak perlu ke masjid.

Ia meminta agar umat memperpanjang ibadahnya di rumahnya masing-masing, dengan banyak berdoa, berzikir, salat sunat.  "Insya Allah Allah Maha mengerti dan Allah Maha Tahu tentang kondisi kita," katanya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar